teks berjalan

Om Swastyastu, Selamat Hari Suci galungan dan Kuningan. Selamat datang di Blog Pande Tamanbali, segala informasi tentang Warga Pande Tamanbali ada di sini, mari berbagi bersama tentang sesana ke-Pande-an, jaga selalu persaudaraan kita agar menjadi suri tauladan, ingat selalu menjalankan bhisama dan terima kasih telah berkunjung. Om Santih, Santih, santih

Jumat, 06 Desember 2013

Pande Itu Panas??

"Tu, yen ngalih kurenan da pesan nyuang nak luh Pande! Pande to nak panes. Nyanan kepanesan bana ibane makluarga, yen dadi ben da nyuang nak Pande"

Pernah mendengar orang tua (non Pande) bernasehat seperti itu pada anak lakinya? Agar tidak mengambil istri dari warga Pande. Karena sering terbukti keluarganya kepanesan. Tidak rukun berkeluarga, sering cekcok, atau kesakitan! Yaa.. Model seperti itulah..!? 

Saya sendiri selaku purusha (laki) yang merupakan warga Pande juga sering dinasehati orangtua agar mencari istri sesama warga Pande. Dan ternyata tidak hanya saya saja merasakan hal tersebut, teman dan keluarga (sesama Pande) pun ternyata disuruh demikian. "Dek, yen dadi ben, peturu nyama (Pande) alih, pang sing keweh bindan nyuang, yen ba paturu pande tis bana makluarga". Nasehat itu yang sering kami terima selaku pihak purusha. Mungkin ini ada kaitannya dengan larangan warga lain (non pande) yang melarang anak perempuannya masuk ke warga Pande. Kalau bukan sesama Pande yang mengambil, nanti para gadis pande bisa jadi daa tua (perawan tua). Ya masuk di akal memang. Tapi sbaiknya kita jangan dulu berspekulasi negatif tentang hal-hal seperti ini. Yuk coba kita telaah secara logika permasalahan-permasalahan seperti ini.

Okey.. yang pertama, boleh gak gadis Pande menikah dengan pria non Pande? Atau sebaliknya? Menurut saya, boleh! Kenapa? Ini masalah jodoh. Manusia lahir ke dunia telah membawa jodoh masing-masing, tinggal kita sendiri yang menentukannya berdasarkan pertimbangan cinta. 

Kedua, apakah akan menyebabkan kepanesan? Menurut saya tidak! Bukan karena kita menikah dengan gadis pande atau non pande yang menyebabkan kepanesan dalam keluarga itu. Tapi, semua itu adalah jalan karma. Manusia tidak bisa menentukan nasibnya sendiri tapi manusia hanya bisa berencana dan berbuat. Apabila kita ingin hidup kita damai, bahagia, tentram, tentu itu semua bersumber dari dalam diri kita pribadi. Bukan karena tereh/keturunan warga tertentu. Buktinya, banyak orang Pande yang menikah dan atau diambil istri dari non Pande, hidupnya bahagia. Itu semua kembali ke phala karma kita masing-masing. Dan itu sudah pasti tersurat dalam ajaran agama Hindu, tentang karmaphala. 

Ketiga, masih tetap percaya itu menyebabkan kepanesan? Ahh.. Gampang saja, kan ada payung yang bisa kita pakai berteduh mengurangi panas itu. Uppss.. Payung? Maksudnya? Nahh... Payung ini tiada lain adalah alat/cara mengurangi efek kepanesan itu. Apabila si gadis Pande diambil oleh pria non Pande, disaat pernikan akan berlangsung, saat si gadis mepamit dari merajan sebaiknya kePANDEannya di cabut dulu. Biasanya ada banten dan upacara kusus dalam pelaksanaan upacara ngembus/ ngaturang busana kepandean tersebut oleh Ida anak lingsir (Sira Mpu). Nah kalau yang pria mengambil istri yang bukan dari treh Pande, maka si gadis harus diPARISUDA terlebih dahulu sebelum dia muspa dimerajan si pria. Parisuda ini adalah upacara pelantikan seorang menjadi warga Pande. Dan ini ada upacara, tata cara, dan banten khusus dalam pelaksanaannya. Kalau mau tau tentang bantennya, kamu cukup nangkil ke gria Sira Mpu Pande terdekat di daerah kamu. 

Okey, jadi tidak takut lagi kan mengambil istri atau diambil istri dari non Pande? ^_^ Semua ada solusinya. Jangan takut! Saya saja, istri dari warga Pasek, teman bahkan istrinya seorang dayu. Dan kami bahagia kok. ^_^

57 komentar:

  1. setuju niki bli, suksma :) sangat mencerahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rahajeng dumogi stata sehat lan berlimpah rezeki 🙏

      Hapus
    2. tpi saya ingin bertanya masalah kasta pande ini. boleh

      Hapus
    3. Ampura, kenapa banyak nyama di Bali ngomongang Kasta? Kasta nika bukan bagian dari budaya kita, yg ada dalam sistem kehidupan masyarakat kita itu, sistem WARNA. Pembagian atas dasar profesi. Kalo ngotot dg istilah kasta (Brahmana, satriya, wesya, sudra (ini sebenarnya bukan kasta ngih)), Sira Pande tidak masuk ke dalam 4 pembagian kasta itu. Kenapa? Semua/ke 4 profesi itu memerlukan tangan sira Pande untuk memodali. coba dipikir.. makanya kita tidak masuk dalam kasta2 itu. Kalo dalam sistem Warna/profesi, Pande itu ya Pande. hehehe

      Hapus
  2. Setuju atas pemahaman dan pencerahanya

    BalasHapus
  3. Kalau pande yang di jadikan sentana oleh pihak perempuan gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja. Purusa yg nyentana kan statusnya predana. .perempuan..

      Hapus
    2. Dados, proses sama seperti perempuan.. karena statusnya Pradana. Walau laki2

      Hapus
  4. sy mau tanya.. sy wkt bajang soroh pande dan skrng menikah dg orng pasek,, kmrn sy mepamit/mepekeling di pura kawitan pande gianyar,,dan dsaksikan sama suami..pas sy mepamit suami sy dksi tau oleh orng dsna.. klo stelah mepamit tdk boleh menginjakkan kaki lg dipura kawitan apalgi sembhyng,, apa benar sprti itu?? sy hanya merasa sedih seakan sy tdk bsa lg berbakti kpd leluhur sy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tidak benar.. knapa tidak boleh? Melakukan persembahyangan itu tujuannya bagus, tidak ada yg jelek.. jadi jangan takut untuk sembahyang di Kawitan.. saya saja masih sering sembahyang di Kawitan istri (Pasek) di Besakih juga tetap sembahyang.. 😁👍

      Hapus
  5. sy mau tanya.. sy wkt bajang soroh pande dan skrng menikah dg orng pasek,, kmrn sy mepamit/mepekeling di pura kawitan pande gianyar,,dan dsaksikan sama suami..pas sy mepamit suami sy dksi tau oleh orng dsna.. klo stelah mepamit tdk boleh menginjakkan kaki lg dipura kawitan apalgi sembhyng,, apa benar sprti itu?? sy hanya merasa sedih seakan sy tdk bsa lg berbakti kpd leluhur sy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITU SALAH. Orang yang memberitahu itu, termasuk orang yg AWIDYA/tidak tau apa-apa. Jangan ditiru.
      Tetap kita bisa sembahyang di kawitan, di sanggah, nyumbah orangtua.. tetap.

      Hapus
  6. Tapi kalau org berkasta tinggi seperti dewa terus menggambil istri dari org pande bagaimana katanya panas dan ada salah satu yg akan ngalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau prosedur mepamitnya benar, gak akan jadi masalah kok.. kalo masalah "ngalah" dalam hal ini meninggal duluan, itu bukan ranah kita... Itu Tuhan yg punya kuasa. Jangan mendahului kuasa Tuhan 🙏

      Hapus
    2. Btul pande itu bkn pnas tp yg pnas di purapen.
      Bkn orangnya yg panas

      Hapus
  7. Tapi saya sudah mepamit di prapen supaya tidak kepanesan

    BalasHapus
  8. Bli juli ty mw tanya karna t mempunyi polemik,ty pande tp sidah menikah dg pasek,nah karna d rumas asal tyang tidak ada penerus (sy 2 saudara perempuan tp semua sudah menikah)akhirnya ortu sy memutuskan untuk sy menikah lg istilahnya Pade2 gelahan klo d daerah sy nah krna sy beda soroh antara pande dan pasek nyame sanggah sy tidak menerima karna akan ngeruwedin kedepannya apa tidak ada solusinya bli mohon pencerahannya nggh suskema

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah niki kasusne pun beda kewarganegaraan ceritanya.. Memang akan membuat banyak polemik (di keluarga) kalo mau memuuk..! Jadi gini, Pada gelahang pun diharapkan satu warganegara (baca aja wangsa/tereh) dik. Tentu adik ditentang pihak keluarga sanggah. Kalo adik punya keluarga sanggah, artinya tereh/keturunan di rumah ada yg akan nyalukin/melanjutkan di rumah bajangnya adik, mungkin itu juga yg menyebabkan agak susah disetujui. Solusinya gini:
      1. Kamu dan suami maparisuda, diambil/peras kepande. Artinya suami kamu ikut pande. Dia lepas dari warga pasek. Kalo kamu sekarang sudah punya anak laki-laki, bagus, dia tetapkan masih di pasek.
      2. Atau kalo sekarang, kamu punya anak laki2 lebih dari satu, berikan bapaknya adik (I bapa Jumah bajang) meras/mengambil anaknya adik (cucunya) yg laki untuk dijadikan anak di tempat bajang.

      Hapus
  9. Om swastiyastu,,tiang semeton pasek,tiang nikah dengan nak istri semeton pande. Seperti keterangan di atas ada cara untk menghindari kata kesakitan,cekcok/kepnesan. Nah untk menghindari itu,barang tentu pasti kita perlu membuat banten upekare. Yg tiang mau tanyakan,banten apa2 saja itu? Maaf sebelumnya,krna sya pernah mendegar,sya di suruh menanam biu batu di pekarangan rmah istri tiang dan di ikuti banten upekare.tiang mohon penjelasannya nike bli,suksma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanam biu batu? hehehe... unik memang... Gak seperti nika lah. kalo masalah bantennya silahkan nunas di Griya, atau sama mangku Pande di tempat istri berada, nak ngelebur kepandean, tunasang tirtan prapen manten.

      Hapus
  10. bli saya mau nanya . dalam nama atau tempat di pure besakih itu tentunya di pande . arti dalam sejarah nama dari ida bhatara ratu bagus pande itu bagaimana nggh bli?? ampure sebelumnya bli , dan yang kedua saya belum menemukan tempat kawitan sy di bali . dari jama kerajaan konon sebelum dari kakek sy udah ada di pulau lombok pagesangan mataram . skrng sy ttp untuk berusaha mencari dmna kah sanggah/merajan sy yang ada dibali . mohon balasannya bli solusinya juga blii . sukseme sekali . kalo bisa kontak sy bli sy pingin bertanya lebih lagi bli . pande masnawe 087860230848

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo bicara ngalih kawitan (merajan) yg sudah lewat beberapa undag begitu, pastinya akan susah bli. Mangkin bli pun jenek ring Lombok, drika nyegjegang ida ratu pande, secara bersama maksan, agar tetap ingat dengan kawitan. Selalulah berdoa ke Hyang maraga niskala dan sang hyang kawitan agar selalu diberikan keselamatan, mohon dianugrahi di sana walau tidak langsung ke kawitan dulu2. Kan Ida maraga niskala bli. bukan kita yg melupakan. tapi memang kondsi yang tidak memungkinkan.

      Hapus
    2. Mohon bertanya bli,apakah bisa warga bendes manik mas menikah dengan warga pande?

      Hapus
    3. Apakah nanti menikah jadi kepanesan/kesakitan?

      Hapus
    4. Saya mau solusinya bli

      Hapus
    5. kalo membaca postingan di atas, maka harusnya sudah tidak ada pertanyaan kepansesan tidak kepanasan lagi...

      Hapus
  11. Bli ,diPura saya ada buku tentang perjodohan ,yaitu menyamakan penanggalan dari calon istri dan calon pria ,menggunakan wuku.. apakah betul bgitu bli???

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh beda bahasan niki... ngih wenten.. nganut patemon

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Bli titiang jagi metaken yen nk muani warge pande dados nyentane ring jumah kekasih ne napi ten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dadi.. yg penting nu tetep Hindu....

      Hapus
    2. Om swastiastu pak tyang mtaken yening nike dados yen anak lanang nike nyentana ke rumah istri sane non pande,ninik sane istri niki melarang cucunya niki menikah dengan orang pande karena panes orang tua nika sampun setuju tapi kerabat"nika ten merestui ,napi niki solusinya pak,Tyang mrasa kknpa orang yang berkasta pande dipandang rendah olehkasta" yang lebih tinggi knpa kasta selalu dijadikan tolak ukur di dalam perjodohan,menurut tyang di dalam kasta niki ten wenten kasta tegeh endep semua kasta nike sama ,napi nike solusinya ampura yening wenten kata" tyang sane menyingung,semua yang saya katakan niki keyataan yang sedang saya alami saat ini,napi niki solusinya pak��

      Hapus
    3. Wahh beda kasus niki.. 😂 🙏🏻
      Tapi menarik.
      1. Lamun kar nyentana, jeg nyentana gen gus. Sing kenken. Matur piuning di kawitan, di merajan, nunas palepasan kepandean. Uningang lakar ngrangsuk soroh apa... Lalu menikah biasa.. Uningang di merajan istri tongos nyentana, lakukan upacara masuk soroh sesuai istri. Muspa piuning ngentegang raga tes di sanggah istri.. Menyatakan diri bagian dr kluarga itu. Selesai. Gak ada kepanesan lagi.
      3. Masalah niang nika, semua ke atmanastuti masing2.. Karna lamun paksaang, nasi ulung uli piring ulian lima semutan, bisa mantu oranga pelih.. Kne ba ulian ngelah mantu pande, bedik2 ulung.. Kepanesan. Keto ba ye ngomong. Jani kan tinggal kamu ne nyalanin gen.. 😀👍🏻
      4. Buin ngomongang kasta, kasta ne. 😂😂 baca jawaban bli di atas, komen2 seblmnya tentang kasta itu. Men sombong ya, Pande to paling tegeh.. 😂 ketwang kenken nyen.. 🤣🤣

      Hapus
  15. Astungkara bli
    Tunangan tyg soroh pande tapi tyg sng rela lepas jak ye :')

    BalasHapus
  16. astungkara, yg sebelumnya pcr saya berdoa waktu tangkil agar dpt pasangan pande juga, akhirnya tercapai,
    saya dan pasangan sama-sama pande taman bali, astungkara jodoh

    BalasHapus
  17. Saya Ndak takut masalah kepanesan. Yang saya takutkan dia si gadis pande ngak mau sama saya heheheee.....karna hal itu.
    Btw suksma bli atas pencerahannya, inj akan saya jadikan senjata ampuh jika dia masih ragu tentang soroh pandenya yang nanti kepanesan....

    Salam saking Semeton Arya kanuruhan

    BalasHapus
  18. Om swastyastu bli..saya mau tanya apakah wargi pande boleh melalukan upacara 3 bulanan di griya lain selain griya khusus wargi pande?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tidak ada pilihan tempat lain, gak apa. Tapi kalo ada Gria Pande, anggen nak Sulinggih duene. Lamun ten iraga ne ngucuk nganggen? masak nak tiosan nikain nganggen?

      Hapus
  19. mau nanya nih bli, saya orang pasek dan pacar saya orang pande, tapi orang lain bilang bahwa nanti hubungan saya dan pacar saya akan tidak cocok, saya perlu apa bli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa.. Kan tinggal nanti pacar km saat nikah mapamit di pande dan Prapen..

      Hapus
  20. Osa bli, mau bertanya, tiang orang pande, jika ada odalan di rmh istri (odalan betara hyang guru) apakah kita boleh ikut sembahyang dan nunas tirta di sna? Dan juga apakah kita boleh sembahyang di khawitan istri kita?

    BalasHapus
  21. Om swastyastu, tyang orang pande nikah sma laki laki pasek, di tmpat suami kurang tahu nma banten untuk ngelebur pande, di mna harusny tyang ngelbur nggih, apa boleh di grya, mhon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke griya pande terdekat, atau takenin jro mangku pande di kawitannya...

      Hapus
  22. bli saya mau tanya. saya orang muslim yang ingin berpindah ke agama hindu. saya mau menikah dengan laki2 hindu tapi dia keluarga pande bli. awal nya keluarga setuju tapi waktu saya sempat tidak tinggal satu rumah dengan laki2 saya keluarga nya langsung mengeluarkan unek2 bahwa mereka tidak suka dengan hubungan saya dengan laki2 yang bersama saya. apa sih yang orang pande inginkan untuk mencari mantu seperti apa?

    BalasHapus
  23. Swastyastu Bli
    Ampura tiang mau tanya, untuk wanita non pande yang menikah dengan laki-laki pande, apakah betul di kemudian hari tidak boleh mepamit ketika orang tua meninggal ya? Tidak boleh memandikan jenazahnya pula? Saya diceritakan akibatnya, akan membuat sang atma kepanasan ketika putrinya yg sudah menjadi warga pande mepamit. Apakah betul seperti itu?

    BalasHapus
  24. Osa,,,Bli tiang warga bendesa mnik mas,tiang nglah kluarga kawin kepande,disaat tiang nglah yadnya pitra yadnya,dewa yadnya ,atau manusa yadnya ,keluargan tiang sane sampun masuk pande sama sekali ten nyak nunas tirta ring umah bajang,pokok jeg panatik ,patut napi ten niko,nunas penjelasan

    BalasHapus
  25. Soroh arya sama pande cocok gak bli? Wkwk

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, asal yang positif dan membangun! Terima kasih ^_^ Sampunang ngraos kasar-kasar ring komentar ngih. Suksma.