teks berjalan

Om Swastyastu, Selamat Hari Suci galungan dan Kuningan. Selamat datang di Blog Pande Tamanbali, segala informasi tentang Warga Pande Tamanbali ada di sini, mari berbagi bersama tentang sesana ke-Pande-an, jaga selalu persaudaraan kita agar menjadi suri tauladan, ingat selalu menjalankan bhisama dan terima kasih telah berkunjung. Om Santih, Santih, santih

Selasa, 06 Agustus 2013

Warga Pande Wajib Maudeng Barak?

Om Swastyastu, Salam Pambers (Pandé Bersatu). 

***

"Nak Pandé gus?"

"Ngih tiang nak Pandé..! Wénten napi pak?"

"Tiang nak Pandé masih! Saja nak Pandé to yen maturan ka Pura arus nganggon udeng barak gus?" 

"Sira ngorang kénten pak?," sambil tersenyum.

"Kéto maan tiang orina jak timpalé! To di facebook group Pandé masih pepes tepuk ada pistingan yen saja koné nak Pandé wajib ngango udeng barak pinaka kebanggaan iraga nak Pandé, koné!"

---------------------------

Percakapan di atas pernah saya alami beberapa waktu yang lalu melalui media sosial facebook. Kebetulan yang bersangkutan nyama Pandé juga dan pertanyaan itu tidak langsung serta merta saya jawab. Saya sengaja pending sebentar sembari berfikir dan mencari jawaban yang pas. 

Sebenarnya, pertama kali ditanya demikian agak tersentil hati saya sehingga membuat alis mengkerut dan menarik ujung bibir saya kesamping hingga saya tersenyum. "Ahh wajib maudeng barak..? Apa ada Bhisama Kepandéan yang salah satunya mengatakan bahwa warga Pandé wajib maudeng barak (merah) kalau maturan/sembahyang ke Pura?", pertanyaan itu yang pertama menggoda pikiran saya. 

Tak puas hanya berfikir tanpa hasil, saya pun mencoba googleing di internet tentang bhisama warga Pandé, dan ternyata..?! Saya tidak menemukan tentang penyebutan warga Pandé wajib menggunakan udeng merah saat maturan di bhisama tersebut. 

Saya akhirnya berkesimpulan dan menjawab, "Ohh.. berarti orang yang membuat postingan tentang wajib maudeng barak ini adalah orang yang sangat cinta dengan warih ke-Pandé-annya, sehingga sampai tata cara berpakaian ke pura pun dia ingin memperlihatkan warna pada dirinya!" :) Salut saya dengan orang itu. 

Mengapa udeng barak? Kenapa tidak warna yang lain? Karena warga Pandé memuja Brahma (terkait profesi Pandé), Sang Hyang Pasupati yang dilambangkan dengan warna barak / merah. 

Trend Warga Pandé menggunakan udeng barak ini dahulu sebenarnya sudah pernah terjadi. Contohnya kami Warga Pande Tamanbali saat Karya Agung Pura Penataran Pandé Tamanbali tahun 1998, kami semua (para pria) kompak cenik, truna, tua menggunakan udeng dan saput barak saat karya tersebut diselenggarakan. Seluruh pura dipenuhi dengan pria-pria maudeng barak, sangat meriah, sangat kompak, dan para penangkilan pun yang dari luar Desa Tamanbali menggunakan udeng barak. Di sana saya berfikir tentang kekompakan para sameton Pandé sangat luar biasa, dan mungkin inilah yg pernah dirasakan salah satu sameton yang membuat postingan warga pande wajib maudeng barak itu. Tapi, memang betul apa kata pepatah. Tidak ada yang kekal di dunia ini selain perubahan. :D Sedikit demi sedikit trend maudeng barak ini mulai ditinggalkan. Kembali semuanya ke udeng putih. Dari putih kembali ke putih. Di mana putih adalah warna normal. 

Beberapa teman ketika saya tanya tentang hal ini justru berkata, "Ahh.. lebay..! Mara Pandé pang maudeng barak kéto? Lén pidan lén jani!", nah begitulah jawabannya. 

Jadi, Dari beberapa gambaran tersebut bisa saya simpulkan, boleh saja kita menggunakan udeng barak atau warna yang lainnya (kecuali selem-karena untuk nak madelokan pitra yadnya) saat ke pura maturan/sembahyang. Apalagi kita warga pandé maturan ke pura pandé. Namun warna yang tidak akan pernah ada matinya dan yang paling pas untuk warna pakaian ke pura tetap adalah warna putih. Karena putih adalah warna yang tidak berpihak, warna yang netral, warna yg bermakna suci. Kita ke pura (ke tempat suci) tentu ingin mencari kesucian (baik pikiran, perkataan, & perbuatan) jadi hendaknya dari pakaian pun mencirikan kesucian."

Tapi jangan lebay juga, baru putih warna netral dan bermakna suci, apang uling muncuk bok kating ke sandal jak daleman pang putih! Sing ja kéto...! Nyanan kadéna masaing ajak mangku nyen. ƗƗèƗƗéƗƗëƗƗěƗƗě..... ^_^ Cukup udeng, baju putih ba kanggo to. 

***
Nah, itulah jawaban saya atas pertanyaan sameton yang bertanya tentang apakah wajib warga pandé maudeng barak. Semoga bermanfaat bagi kita bersama. Om Santih, Santih, Santih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, asal yang positif dan membangun! Terima kasih ^_^ Sampunang ngraos kasar-kasar ring komentar ngih. Suksma.