teks berjalan

Om Swastyastu, Selamat Hari Suci galungan dan Kuningan. Selamat datang di Blog Pande Tamanbali, segala informasi tentang Warga Pande Tamanbali ada di sini, mari berbagi bersama tentang sesana ke-Pande-an, jaga selalu persaudaraan kita agar menjadi suri tauladan, ingat selalu menjalankan bhisama dan terima kasih telah berkunjung. Om Santih, Santih, santih

Jumat, 09 November 2012

Pura Penataran Pande Tamanbali

Dalam chatingan di beberapa jejaring sosial atau ketika kami bertemu sameton Pande terutama yang di luar Kabupaten Bangli, kami sering sekali ditanyai mereka, "Ohh.. sameton Pande juga? Wahh Pande Tamanbali ya..? Pura Pande Tamanbali itu di mana?," Nah ternyata banyak sameton yang belum tau di mana alamat atau lokasi Pura Penatarann Pande Tamanbali dan bahkan ada sameton yang mengaku kawitannya Pande Tamanbali tapi belum pernah tangkil karena terbentur tempat dan waktu jadi sering hanya nempil tirtha saja.

Baik melalui web ini, kami dari Yowana Paramartha Pande Tamanbali akan memberikan informasi tentang Pura Penataran Pande Tamanbali. Semoga informasi ini bisa memberikan sedikit gambaran lokasi dan keberadaan kami. 
  1. Nama Pura : Pura Penataran Pande Tamanbali;
  2. Status Pura : Salah satu pura kawitan Warga Pande;
  3. Alamat : Banjar Pande, Desa  Tamanbali, Kec./Kab. Bangli, Bali;
  4. Piodalan : Sukra Pahing, Wuku Galungan. 
  5. Pengemong : Banjar/Desa Adat Pande, Desa Pakraman Tamanbali (55 KK);
  6. Klian Adat/Banjar : 1). Pande Made Murcawan; 2). Pande Wayan Suardana3) Pande Nengah Sudirma;
  7. Pamongmong/Jan Banggul Mokok : 1). Jero Mangku Anyar dan 2). Jero Mangku Suena (Mk. Alit);
  8. Sira Mpu : Sira Mpu Sinuhun Dharma Dasi, Gria Taman Sari, Pande Tamanbali.
Sameton kalau mau tangkil yang dari Denpasar, Badung, Gianyar, melewati Kab. Gianyar di pertigaan Bangli lurus ke Utara ikuti jalur utama maka akan langsung menuju Bangli, begitu masuk Gapura kabupaten Bangli, anda sudah masuk Desa Bunutin, setelah tikungan pertama ke Kanan (ke Timur) dari desa Bunutin anda telah masuk wilayah Desa Tamanbali. Ikuti jalur sampai  ke arah Utara di pertigaan setelah tikungan tadi. Pertigaan tersebut apabila anda ke Kanan akan menuju Tulikup Gianyar, juga arah menuju Pura Tirtha Arum (Kawitan Ksatrya Tamanbali), sameton yang dari Kelungkung dan Karangasem bisa melewati jalan dari Sebelah Utara Lapangan Tulikup ke utara, maka akan tembus di pertigaan dimaksud tadi. Di pertigaan tadi anda ke arah Utara dan akan melihat Pohon Beringin Kembar di Kanan dan Kiri jalan, setelah pohon beringin ada perempatan (di sebelah Utara Pohon beringin merupakan Lapangan Kilobar Tamanbali), di sana anda belok ke Kiri (arah Barat) maka anda akan langsung menuju Pura Penataran Pande. Ribet ya?? hehehhe...! nanti saya akan isi peta dari Google MAP. 

Secara historis, Pura Penataran Pande sudah Mekarya Agung 3 kali, yaitu tahun 1960, 1998, dan terakhir 6 Januari 2023 ini. 

Piodalan di Pura Penataran Pande adalah pada hari Sukra (Jumat) Paing, wuku Dunggulan (6 bulan sekali), Karya Nyatur setiap satu setengah tahun (18 bulan) sekali. Pada hari raya Galungan sorenya rutin setiap 6 bulan melaksanakan pasucian (melasti) ke Pura Siganing. Bagi yang ingin ngayah nanti, silahkan datang jam 3 sore sudah di pura. ^_^ 

Selain Pahing Galungan, piodalan Tumpek Landep juga berjalan sebagaimana turun temurun, Piodaln difokuskan pada Kawitan Ida Ratu Bagus Pande di Mandala Utama. Sedangkan, pada Tumpek Wayang piodalan di Pura Nataran Kawan, Linggih Ida Bhatara Lingsir. 

Jadi, buat warga Pande yang akan sembahyang saat Pahing Galungan, jangan lupa, awali nangkil di Pura Nataran Kawan, Linggih Bhatara Lingsir (letaknya di Jaba Tengah, sebelah Utara), baru ke jeroan, Mandala Utama.  

Demikian sekilas info awal yang bisa kami share pada kesempatan kali ini. Nanti kami akan memperbaharui data tersebut di atas. Semoga bisa berguna bagi sameton Pande dan tidak bingung lagi kalau hendak tangkil. (jul)

10 komentar:

  1. Ampure kalau boleh tyang minta info sejarah pande taman bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah niki... yang susah untuk dimulai dari mana. Santukan reraman2 titiang taler nenten uning tatas. Kesahe dumun saking napi. Wenten nganikaang Pande Tamanbali nika turunan Pande Sesana, akeh masih lingsir-lingsir ten cumpu indike punika. Prasasti taler durung kadi titiang newek nyingak lan ngwacen... dadosne durung tatas sami.

      Hapus
  2. Astungkara moga nanti tyang bisa nangkil mriki nggih

    BalasHapus
  3. Astungkara moga nanti tyang bisa nangkil mriki nggih

    BalasHapus
  4. Astungkara moga nanti tyang bisa nangkil mriki nggih

    BalasHapus
  5. Boleh tyang minta foto linggih betara kawitan ring pura deriki suksma

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, asal yang positif dan membangun! Terima kasih ^_^ Sampunang ngraos kasar-kasar ring komentar ngih. Suksma.